Tingkatkan Skill Kader, PMII Rayon Ushuluddin Komisariat UIN Walisongo Gelar Pesantren Kepenulisan

Kemampuan menyebarkan informasi melalui media (media massa dan media online) merupakan hal yang harus dibentuk secara terus-menerus. Keterampilan menulis, diperlukan ketekunan dan latihan yang substainable, latihan menulis yang berkelanjutan. Latihan yang bersifat on going process. Proses yang terus menerus tanpa kenal menyerah.

“Oleh karena itu, diadakanya acara ini sebagai wujud kita dalam meningkatkan skill dalam bidang kepenulisan,” ucap Ketua PMII Rashul 2021-2022 Khoirul Mutohhirin.

Khoirul Mutohhirin mengatakan hal itu secara langsung dalam acara Pesantren Kepenulisan (PSKP), bertempat di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Gunung Pati, Semarang yang dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022.

Dikatakan, urgensi peningkatan kompetensi menulis perlu diperhatikan lebih, sebab banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menulis.

“Maka dari itu, kami mendampingi dan mengawal kader-kader PMII untuk menulis,” ujar Khoirul.

Gigih Firmansyah, narasumber menyampaikan tiga hal yang harus dilakukan dalam mempraktikkan kepenulisan, yaitu ide, analisis dan bahasa.

“Ide ini berpengaruh dari apa yang Anda baca. Dan bahasa sebagus apa pun, kalo tidak ada isinya ya sama aja, tidak berkualitas. Maka harus seimbang antara ide tulisan, ketepatan analisa yang digunakan dan sistematika kebahasaan yang benar,” jelas senior PMII Rashul tersebut.

Dikatakan, tulisan yang berkualitas itu juga tergantung pada bahasa yang dipakai. Adapun untuk meningkatkan penguasaan bahasa dapat ditempuh dengan sering berlatih menulis.

“Melatih bahasa itu butuh praktik. Semakin Anda sering praktik, maka akan semakin menemukan kekurangannya,” tambahnya.

Ditambahkan, secara umum tulisan itu berisi problem masalah, data-data, kemudian pemikiran-pemikiran orang lain yang dapat dijadikan sebagai perspektif dalam menganalisis.

.

.

Rep: Raif Al-Abrar (Peserta Kelas Menulis LPW, Kader PMII Rashul)

Ed: F02

pmii walisongo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Dampak Kencing Berdiri Bagi Kesehatan

Sen Mar 21 , 2022
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula toilet yang dibutuhkan manusia, karena toilet adalah salah satu fasilitas penting yang harus diperhatikan kelayakan dan keberadaanya, misalnya toilet berdiri atau biasa disebut dengan urinoir. Urinoir banyak digunakan di masjid, bandara, maupun terminal, bahkan kampus-kampus sudah banyak memakai urinoir. Urinoir sangat memudahkan bagi para penggunanya, […]