PMII Komisariat UIN Walisongo Semarang adakan Diskusi Menanggapi Wacana Kenaikan Harga BBM.

Semarang – Dalam menyikapi wacana kenaikan BBM bersubdisi, PMII Komisariat UIN Walisongo Cabang Kota Semarang melalui LAKW (Lembaga Advokasi Komisariat Walisongo) mengadakan diskusi dengan tema Kenaikan Harga BBM, Kepentingan Negara atau Kepentingan Rakyat pada Selasa 30 Agustus 2022 melalui kanal Zoom Meeting.

Di awal forum sebagai pantikan, Farhan Ardi Wirahman sebagai koord. Lembaga LAKW menyebutkan bahwa sasaran dalam pembagian BBM bersubsidi kurang tepat karena pengguna terbanyak BBM subsidi malah orang yang dalam tanda kutip menengah ke atas. Dan oleh hal itu akan menjadi pertanyaan kembali, apakah tepat kenaikan harga BBM bersubsidi ini?

Diskusi yang diikuti sekitar 80 orang ini dihadiri dua narasumber. Yang pertama, dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan UNNES, Avi Budi Setiawan, S.E, M.Si, yang menjelaskan bahwa kalau harga bbm naik, maka efeknya juga harga barang akan naik. Selain itu, lanjut dia, ketika ada kenaikan harga BBM, maka akan terjadi inflasi, lalu efeknya adalah daya beli masyarakat menurun. Kemudian ketika daya beli menurun, maka kelompok miskin akan bertambah.

Di sesi diskusi yang kedua, Muhammad Safali, S.H, dari LBH Semarang bidang Buruh Miskin Kota sebagai narasumber kedua menyebutkan bahwa BBM bersubsidi adalah cara untuk bertahan hidup bagi pelaku usaha UMKM dalam menjalankan usaha demi menghidupi keluarganya. Jadi ketika BBM dinaikkan akan menjadikan mereka susah untuk bertahan hidup. Maka tingkat kemiskinan akan meningkat, lalu pengangguran bertambah dan di akhir, usaha kecil semakin terpukul. Yang akan paling terpengaruh oleh kenaikan BBM Subsidi ini adalah buruh, nelayan dan rakyat miskin kota lainnya.

Lebih lanjut, Safali menjelaskan 4 alasan tolak kenaikan harga BBM adalah ;

1. Meningkatkan inflasi

2. PHK akan merajalela

3. Tidak tepat membandingkan harga BBM di luar negeri

4. Energi terbarukan bukan alasan untuk menghilangkan subsidi BBM untuk rakyat jelata.

Penulis:F02

Editor:Topik

PMII Walisongo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

PRESS RELEASE KAJIAN KENAIKAN HARGA BBM BERSUBSIDI

Rab Agu 31 , 2022
Press Release Kajian Kenaikan Harga BBM Bersubsidi