Dampak Positif Globalisasi Teknologi

Tidak bisa dipungkiri, globalisasi memberikan pengaruh signifikan bagi generasi Y,  Z dan generasi-generasi yang lahir setelahnya. Di samping banyaknya hal-hal positif yang didapat, sayangnya hal-hal negatif pun juga turut membuntuti. Bukan hanya sekadar bualan belaka, ujung dari fenomena ini pun sudah banyak disinggung di mana-mana. Turunnya nilai moralitas dan etika sosial-budaya bermasyarakat digadang-gadang menjadi akar berubahnya karakter pemuda yang cenderung bersifat individualis.

Degradasi nilai-nilai kebangsaan ini tentu tidak terjadi begitu saja. Salah satu pembeda yang jelas antara era modern dengan era perjuangan dahulu ialah kemudahan teknologi yang tersedia. Jika sejenak kita menarik waktu ke belakang, pada saat sebelum tercetusnya proklamasi dari para pendahulu kita. Para pemuda dahulu seringkali membentuk sebuah kelompok-kelompok diskusi yang di dalamnya membahas tentang bagaimana bangsa ini dapat merdeka. Tak peduli si Parjo berasal dari suku Jawa dan si Poltak berasal dari suku Batak, semua dapat berkumpul dan bersatu dalam forum diskusi yang telah tersedia.

Sayangnya kini, semakin canggihnya teknologi serta semakin mudahnya sesuatu untuk diakses dan dimanfaatkan, ini membuat pola pikir atau mindset generasi muda menjadi lebih menganggap remeh segala sesuatu yang ada serta menjadi lebih acuh terhadap apa yang terjadi apabila itu tidak menyangkut tentang dirinya.

Apabila hal ini terus berlanjut maka akan menimbulkan masalah serius dalam kelangsungan peradaban di negara tercinta kita Indonesia, kemerosotan moral dan etika yang semakin hari semakin memprihatinkan jika tidak dibenahi secepatnya dapat menjadikan bangsa ini tidak lagi memiliki fondasi untuk mempertahankan diri dari pengaruh buruk yang sekarang ini gencar disusupi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab serta memiliki niat buruk untuk menghancurkan negara Indonesia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  merupakan hal yang menjadi penyebab paling utama dari permasalahan yang ada bagi generasi muda penerus bangsa. Laju dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang memang tidak dapat dibendung pertumbuhannya, hal ini dikarenakan teknologi dan informasi sudah menjadi kebutuhan primer manusia pada abad ke-21 ini. Apabila teknologi digunakan secara bijak dan seseorang yang menggunakan teknologi tersebut mampu mengontrol dirinya agar tidak terlalu bergantung pada teknologi yang bersifat instan, justru malah semakin baik apabila teknologi semakin berkembang pesat.

Manfaat dari globalisasi sebenarnya cukup banyak dan di sini saya akan menjabarkan beberapa manfaat dari globalisasi yang dapat memudahkan kehidupan dari kita sebagai manusia.

Manfaat yang pertama, yaitu adalah saat saya sedang menulis artikel ini, saya memanfaatkan teknologi yang telah tersedia. Mulai dari menggunakan aplikasi google untuk mencari sumber-sumber yang dapat saya jadikan acuan untuk ditambahkan ke dalam pembahasan artikel ini dan juga menggunakan laptop serta peralatan elektronik atau aplikasi lainnya.

Manfaat yang kedua, yaitu adalah saat kita semua sedang merasa lapar namun mager (males gerak) memasak makanan, kita dapat menggunakan aplikasi Grab, Gojek, dan Shopeefood. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia menciptakan suatu aplikasi yang menjadi wadah untuk memudahkan urusan dapur kita yang di mana kita tinggal klik-klik saja maka makanan seperti apa yang kita inginkan akan langsung diantarkan ke rumah kita tanpa kita harus repot-repot keluar rumah dan mengurangi interaksi berlebih ke dunia luar, di masa pandemi seperti ini produk dari hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sesuatu yang memiliki manfaat yang dapat dirasakan sekali bagi kita.

Manfaat yang ketiga, saat terjadi sesuatu dari seluruh penjuru dunia maka dapat langsung kita ketahui dari media-media yang telah tersedia dari berbagai macam platform seperti : YouTube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook dan banyak lagi contohnya. Ini merupakan suatu hal yang berguna di mana kita lebih mudah dalam mengakses sesuatu apabila kita ingin selalu up to date mengenai apa yang sedang terjadi baik disekitar kita maupun di dunia. Dan juga aplikasi yang saya sebutkan di atas dapat menjadi tempat hiburan virtual dengan konten-konten yang disediakan baik dari para konten kreator yang juga telah menjadi sebuah pekerjaan yang hasilnya cukup menjanjikan.

Manfaat yang keempat, selain aplikasi untuk hiburan dalam bentuk foto atau video, kita juga dapat menemukan aplikasi hiburan dalam bentuk game virtual bagi orang- yang menyukai atau bahkan sudah menjadikan game sebagai dan bahkan menjadi salah satu cabang olahraga elektronik atau yang biasa kita kenal sebagai e-sport, contohnya seperti Mobile Legend, PUBG, Fortnite, dan masih banyak lagi. Yang kian hari makin melesat jumlah pengguna nya dan juga bagi sebagian orang dijadikan sebuah mata pencaharian yang juga sangat menjanjikan hasilnya. Dimana dari hasil mereka bermain game mereka dapat membuat sebuah akun di YouTube atau aplikasi streaming game yang lain dan mendapatkan uang dari hasil penonton yang suka dengan gaya bermain mereka pada game yang dikuasainya.

Manfaat yang kelima, dahulu apabila ingin berkomunikasi atau hanya sekedar memberi kabar ke orang lain, kita hanya dapat berkabar dengan cara surat-menyurat. Akan tetapi sekarang dengan smartphone yang ada kita dapat memberi kabar bahkan dapat melihat muka orang yang ingin kita beri kabar dalam hitungan detik dengan cara mengirim SMS atau dengan menelepon dan Videocall.

Kita sebagai makhluk yang telah diberikan akal oleh Tuhan ada baiknya lebih bijak dan lebih selektif lagi dalam memanfaatkan kemajuan dari teknologi yang semakin hari semakin berkembang ini. Agar perkembangan tersebut tidak membawa dampak negatif dan justru dapat menjadikan hidup kita menjadi lebih mudah setiap harinya.

.

.

Oleh: Cukranta Wahyu F (Peserta Kelas Menulis LPW, Kader Rayon Ushuluddin)

pmii walisongo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

KOPRI Komisariat UIN Walisongo Adakan Sekolah Islam dan Gender

Jum Mar 25 , 2022
Guna mendorong intelektual kader PMII untuk memahami keadilan gender, Pengurus KOPRI  PMII Komisariat UIN Walisongo Semarang adakan Sekolah Islam Gender dengan tema “Rekonstruksi Intelektual Kader yang Berkeadilan Gender dalam Gerakan Melawan Kekerasan Seksual”. Agenda kali ini diadakan pada hari jumat hingga minggu, 25-27 Maret 2022. Dalam hal ini Ketua KOPRI […]